Tips Cara Merawat Printer Agar Tetap Awet Dan Tidak mudah Rusak

Tips Cara Merawat Printer Agar Tetap Awet Dan Tidak mudah Rusak 



bicara tentang printer adalah sebuah benda yang sudah tidak asing lagi di gunakan di rumah ataupun di kantor , di sini tutorialsmu akan berbagi cara merawat printer dengan baik . merawat printer harus di lakukan dari awal dan secara rutin agar tidak menyebabkan printer mengalami eror atau kerusakan yang fatal . daripada kita harus menghabikan banyak uang dan pasti hal seperti itu akan sangat lama untuk mengganti sparepart lebih baik kita merawat printer dengan rutin dan tidak akan banyak mengeluarkan biaya. 

Tips cara - cara merawat printer agar tetap awet serta tidak mudah rusak adalah :  

Menggunakan Printer  minimal 1 kali pemakaian dalam seminggu .


Printer yang jarang di gunakan akan menyebabkan tinta kering dan hal itu akan menyebabkan kebutuan pada catridge ,  dengan menjaga pemakaian printer minimal 1 kali dalam seminggu membuat jalanya tinta yang melewati nozle menjadi lancar . tapi jika nozle itu tersumbat dengan tinta yang mengering di situ akan membuat catridge menjadi tidak bisa memberikan hasil yang baik ( hasil terkadang putus - putus atau tidak sempurna ) solusinya hanyalah bisa mengganti catridge baru .

Pengisian Tinta berkala minimal setengah dari tabung tinta .


Printer dalam penggunaan yang sering maupun tidak sering akan selalu memakai tinta , apalagi di tambah dengan seringnya melakukak Head Cleaning akan membuang banyak tinta , hal tersebut akan menghabiskan tinta yang berada di catridge dan tabung , hal yang perlu di waspadai adalah lupa untuk mengisi tinta dan akibatnya akan ada udara yang masuk ke dalam selang pengisian tinta . ini akan membuat jalanya tinta tidak sempurna . jadi pastikan minimal setengah dari tabung tinta kalian harus mengisinya 

Menjaga Kebersihan Printer Dan Di sekitar Printer


Usahakan Printer selalu tertutup atau terlapisi dengan plastik atapun kain yang menutupi secara keseluruhan bagian atas untuk mencegah adanya kotoran , debu , ataupun barang asing yang bisa masuk ke dalam printer . contoh pada tabung tinta jika sering kemasukan debu atau kotoran akan membuat tinta menjadi menggumpal dan jika tinta yang menggumpal itu masuk ke dalam printer dan di proses ke catridge catrige akan mengalami penyumbatan . dan contoh lain benda asing yang masuk ke dalam bagian memasukan kertas akan menyebabkan printer menjadi sering Papper Jump dan kadang printer tidak dapat di gunakan .
kebersihan atau keberadaan sekitar printer yang kotor akan membuat debu" di sekitar merusak printer .

Cara Mematikan printer secara benar  , yaitu melalui menekan tombol power


Proses Mematikan printer yang benar adalah dengan cara menekan tombol power yang di sediakan di printer tersebut hal tersebut akan membuat printer secara otomatis membersihkan head sebelum kembali ke tempat dia berhenti , hal tersebut dapat membuat head catridge selalu terjaga kebersihanya dari debu dan kotoran . selain itu kalian juga jangan sampai mencabut kabel listrik sebelum proses pembersihan selesai ( masih proses ) hal itu akan menyebabkan head berhenti secara tiba tiba . 

Menjaga kebersihan roller dan tempat masuk kertas 


Pada saat pengguna'an printer sisa kertas setelah pemakaian print sering di tinggalkan begitu saja , hal ini menybabkan debu dan kotoran menempel di kertas dan masuk ke dalam tempat masuk printer , hal ini bisa menyebabkan roller printer menjadi kotor , dan jika terus menerus seperti itu lama kelamaan roler akan aus dan akan menyebabkan printer susah untuk membaca kertas dan menyalurkanya , hal yang perlu di lakukan adalah sering merlakukan pembersihan roler , pada printer tertentu hal itu di sediakan .


Nah cara - cara di atas sangatlah mudah untuk di gunakan sehari - hari , jika pengguna'an printer  bukan hanya anda usahakan megeprint cara - cara di atas dan tempelkan di sekitar printer agar orang - orang yang memakai juga merawat printer tersebut , semoga bermanfaat dan dapat membantu anda dalam merawat printer kalian