Tips Cara Manajemen Data Yang Baik Di Windows 7

Manajemen Data Komputer - Data merupakan salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dengan komputer. Dimana Data ini selalu kita gunakan dalam aktivitas menggunakan computer sehari hari. Ada banyak macam bentuk data mulai dari data musik, gambar, video, ebook, dokumen kantor, dan sebagainya. Dimana data ini tersebar pada harddisk di computer.


Apabila data yang banyak ini tidak di menajemen dengan baik maka akan menyulitkan pengguna dalam mencari data pada saat dibutuhkan sehingga akan memakan waktu yang lama untuk mencarinya. Untuk itu Anda perlu melakukan manajemen data. Untuk membantu anda dalam memanajemen data di windows, saya punya tips cara manajemen data yang baik di windows 7, antara lain

Membuat Partisi Harddisk Sesuai Kebutuhan

Pada penyimpanan data di computer tentu diperlukan yang namanya harddisk. Harddisk ini adalah sebagai wadah untuk menampung dara. Biasanya pada harddisk terdiri 2 partisi default yaitu C dan D. Untuk partisi C biasanya digunakan sebagai ruangan untuk menyimpan data system windows, sedangkan partisi D berguna untuk menyimpan data data umum pengguna. namun untuk menyimpan data yang banyak 1 partisi saja kurang cukup. Nah sebaiknya anda membuat beberapa bagian partisi lagi. Tapi jangan terlalu banyak karena kurang baik juga. Untuk membuat partisi, lebih mudahnya anda membuat pengaturan partisi saat instalasi computer. Tapi jika tidak anda bisa menggunakan software partisi. Setidaknya dalam 1 harddisk terdapat 3 partisi yakni C, D dan 1 partisi lagi.

Membuat folder sesuai kebutuhan dan membagi sub folder

Jika sudah membagi partisi harddisk selanjutnya anda membuat pembagian folder sesuai kebutuhan. Dimana pembagian folder ini disesuaikan kategori data. Mdalam folder tersebut anda juga dapat membuat sub folder didalamnya agar lebih tertata dengan baik. Misalnya anda akan menyimpan data music, maka buatlah folder bertuliskan “music” dan untuk lagu lagunya anda bisa membuat sub folder untuk memisahkan genre music seperti dangdut, pop, atau rock. Nah dengan pembagian folder dan sub folder ini akan memudahkan anda dalam menavigasikan ke data yang anda inginkan karena kategori folder sudah tertata dan rapi.

Memanfaatkan fitur libraries pada windows explorer

Fitur libraries ini berguna untuk memudahkan dalam mengakses suatu folder sehingga pencarian folder menjadi lebih cepat dan menghemat waktu.  Tapi secara default fitur libraries ini tidak otomatis menampilkan folder anda. Maka dari itu anda harus mengatur fitur libraries ini untuk memasukkan folder yang anda inginkan. Caranya Klik kanan pada salah satu Library > Properties > Include a folder. Atau anda juga bisa menambahkan libraries baru dengan cara klik kanan Libraries > New > beri NamaLibrary sesuai keinginan.

Memanfaatkan fitur preview panel

Fitur Preview Pane berfungsi untuk menampilkan preview dari file yang kita pilih pada panel yang tersedia. Cara mengaktifkan fitur preview pane ini yaitu pilih Menu Organize pada Windows Explorer > Layout > Preview Pane. Fungsi fitur ini adalah untuk memudahkan anda dalam mengakses file karena Anda tidak perlu membuka satu per satu file hanya untuk mengetahui apa isi dari file tersebut.

Membackup data

Langkah terakhir tips cara menajemen data yang baik di windows 7 yaitu dengan membackup data, mengingat begitu pentingnya data yang Anda miliki sehingga data anda nilainya lebih berharga daripada nilai komputer itu sendiri. Maka dari itu untuk mencegah hal hal yang tidak diinginkan yakni data hilang akibat virus maka Lakukan backup secara berkala agar data penting Anda selalu aman. Untuk memBackup data penting, anda bisa memanfaatkan harddisk portable, Burning di CD, atau menyimpan di media penyimpanan online seperti google drive Dropbox,  dan mediacloud lainnya.

Semoga bermanfaat.