Informasi Berbagai Macam Jaringan Komputer

Berbagai Jaringan Komputer - Jaringan komputer sendiri pasti Anda sudah mengerti penjelasanya, yaitu terhubungnya antara satu komputer-dengan komputer lain, baik itu dengan cara langsung ataupun secara manual dengan tambahan LAN Switch hub.

Informasi Berbagai Macam dan Manfaat Jaringan Komputer
Informasi Berbagai Macam Jaringan Komputer 

Jaringan komputer juga bisa merupakan sekumpulan komputer atau peralatan lainnya yang terhubung bersama dan dapat berbagi (sharing) satu dengan lainya, seperti printer, CDROM, pertukaran file, dan komunikasi secara elektronik antar komputer. Hubungan antar komputer dalam jaringan dapat menggunakan media kabel seperti LAN ( Local Area Networking ) atau nirkabel yang biasa berupa Wireless.

Seperti sedikit kutipan mengenai Jaringan komputer dari Wikipedia ini : 

Jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer. 
Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana. Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya.


Jenis jaringan komputer sendiri ada berbagi macam berdasarkan klasifikasi :
  • Pola operasi (Jaringan Pear to Pear & Claent server)
  • Luas area (LAN, WAN, MAN)
  • Media trasmisi (Wire & Wireless) 
  • dan masih banyak lagi lain nya.

Penjelasan macam-macam jaringan komputer :

LAN (Local Area Network)
Jaringan ini memiliki lokasi jangkauan yang hanya berdasarkan sebuah kabel RJ45 atau sejenisnya dan ukuran maksimalnya hanyalah 100 meter. Disebut juga jaringan yang khas dengan perusahaan,ataupun warnet/rental komputer di mana di dalam tempat ini menggunakan jaringan LAN memanfaatkan fasilitas ini untuk membagikan jaringan internter dan data server.

MAN (Metropolitan Area Network)
Untuk jaringan yang satu ini lebih besar jangkauannya daripada jaringan LAN, yaitu berkisarkan dengan maksimal jangkauan 10 hingga 50 kilometer. Biasanya yang menggunakan jaringan MAN ini adalah korporasi yang memiliki beberapa cabang yang masih berada di dalam cakupan kota tersebut. Contohnya seperti Bank Utama ke cabang pembantunya.

WAN (Wide Area Network)
Jaringan WAN ini adalah yang lebih besar biasanya jaringan ini menyambungkan antar benua untuk mendapatkan fasiltias lain dari beda negara dengan melewati bata geografis negara dan milik umum. Biasanya pengguna nya adalah jaringan internet yang bekerja sama dengan luar negri.

Internet (Interconnected Network)
Internet yaitu jaringan komputer yang memiliki jangkauan hingga seluruh pelosok di dunia ini. Seringkali dimanfaatkan untuk berbagi informasi secara global meliputi pendidikan, hiburan, teknologi, dan lain sebagainya.

Wireless
Jaringan ini merupakan yang paling praktis karena tidak membutuhkan kabel. Di mana di dalam pengoperasiannya hanya mengandalkan teknologi radio (frekuensi). Disebut juga jaringan WLAN (Wireless Local Area Network) atau Wi-Fi.

Berbagai Manfaat Jaringan Komputer :


  • Memudahkan untuk berbagai hardware tambahan ( Network Sharing ) antara satu komputer dengan lainya seperti printer, scanner, hardisk (data), Fotocopy, Fax.
  • Memudahkan untuk berbagi data (sharing) file atau document yang ada pada server ataupun komputer client. 
  • Dapat melakukan sharing aplikasi yang dapat dipakai bersama sama (multiuser).
  • Pengontrolan para pemakai ataupun pemakaian data-data secara terpusat dan oleh orang-orang tertentu.
  • Sistem backup yang mudah karena manajemen yang tersentralisasi.
  • Tidak tergantung kepada orang yang menyimpan data (apabila orangnya tidak ada) karena penyimpanan data tersentralisasi server.
  • Komunikasi antara pengguna komputer dapat lebih mudah dengan  Lan Conference.
Sekian sedikit sharing tutorialsmu mengenai informasi jaringan komputer, Manfaat jaringan komputer, dan berbagai jenis jaringan komputer, semoga dapat memberi manfaat untuk Anda semua.