Tanda-Tanda Komputer Mengalami Overheating



Mengetahui Tanda Dan Cara Mengatasi Komputer Overheating - Tanda Komputer Overheating. Overheating pada komputer adalah masalah yang umum. Sekalipun komputer anda memiliki prosesor ultra cepat, RAM besar, video card mumpuni, masalah ini bisa saja muncul. Overheating jika tidak ditangani bisa mengakibatkan kerusakan pada sistem. Salah satu yang memicu komputer cepat panas adalah menjalankan program berat seperti salah satunya juga game Besar seperti DOTA 2, Devil May Cry, Watch Dog, dll. Berikut adalah beberapa tanda komputer anda mengalami overheating. Komputer mati secara tiba-tiba. Ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah sistem yang terlalu panas. Saat temperatur semakin meninggi, komputer akan memakai segala cara untuk menurunkan suhu. Perlu anda ketahui bahwa motherboard biasanya dilengkapi dengan safeguard. Bagian ini bekerja dengan mendeteksi temperatur di dalam perangkat. Jika suhu sudah melewati batas tertentu, maka sistem akan berhenti beroperasi secara otomatis.

Dampak dari Komputer yang mengalami Overheating

Tentu saja mekanisme ini tidak bisa menjadi solusi satu-satunya jika komputer mengalami overheating. Jika hal ini secara terus-menerus, hard drive bisa terkena dampaknya. Bukan hanya itu, masalah bisa meluas ke bagian lain. Maka dari itu, ada baiknya anda mencaritahu darimana sumber panas agar hal ini tidak terjadi lagi. Tanda lain komputer yang sedang kepanasan adalah tidak bisa dihidupkan setelah mati. Jangan panik jika komputer anda mati mendadak. Coba ingat-ingat apakah anda menjalankan aplikasi yang memakan banyak resource sebelumnya. Jika iya, mungkin komputer anda hanya perlu lebih banyak waktu untuk mengembalikan suhu seperti semula. Jika perangkat sudah dingin, coba hidupkan kembali. Sekali lagi kami sarankan anda untuk tidak menggeber perangkat komputer atau notebook secara terus-menerus. Berikan waktu istirahat pada setiap pemakaian agar mesin tidak menjadi terlalu panas.

Pernahkah komputer anda mengalami lag atau macet saat menjalankan game? Itu juga bisa menjadi tanda bahwa komputer anda sedang kepanasan. Untuk mencegah hal ini terjadi, pilihlah komputer sesuai dengan fungsinya. Komputer standar yang hanya bisa dipakai untuk aktivitas kantor sebaiknya tidak dipakai untuk bermain game yang membutuhkan spesifikasi tinggi. Di pasaran, ada komputer dan laptop yang dirancang sedemikian rupa untuk game berat. Anda sebaiknya memilih komputer jenis ini jika anda memang seorang gamer sejati. Tanda lainnya adalah kipas angin berbunyi sangat keras saat bermain game.

Cara Sederhana untuk Mengatasi Komputer yang Mengalami Overheating

Komputer yang berjalan normal seharusnya tidak mengeluarkan bunyi yang membuat bising. Jika anda mendengar suara bising dari dalam sistem, berhenti sejenak bermain game dan istirahatkan komputer untuk sementara waktu. Kadang bunyi pada kipas bukan disebabkan oleh sistem yang panas, melainkan masalah pada kipas itu sendiri. Periksa apakah daun kipas dalam kondisi bersih dan putarannya normal. Jika anda menemukan banyak debu, segera bersihkan karena ini bisa mengurangi masalah secara subtansial. Jika perangkat PC anda mengalami masalah yang sama secara berulang-ulang, segera bawa ke toko reparasi komputer untuk mendapatkan perbaikan. Jangan biarkan masalah ini berlarut-larut. Itu tadi beberapa tanda komputer mengalami overheating.