Definisi Defragmentasi dan Format Hard Drive Pada Komputer

Penjelasan dan pengertian Defrag dan Format Hard Drive – Setelah memakai komputer selama beberapa bulan, terutama untuk mentransfer, mengkopi, memindahkan file dsb, anda mungkin akan mendapati penurunan performa pada komputer anda. Masalah yang sering muncul antara lain aplikasi menjadi lama terbuka. Saat anda ingin membuka website, proses loading juga berjalan sangat lambat. Anda mungkin masih bingung dengan konsep fragmentasi. Secara umum, hard drive akan berjalan lambat saat terfragmentasi. 
Misalnya saja anda ingin mengakses file sebesar 100 MB, setelah terbaca 60 MB, fragmen berikutnya dibaca dari awal. Ini akan membuat kerja hard drive semakin lambat. Ini mungkin bukan masalah jika hanya ada 1 file dan 2 fragmen saja. Namun ini akan menjadi masalah besar jika ada banyak file dan fragmen, katakanlah 500 file dengan 40 fragmen untuk masing-masing file.
Ini akan membuat kerja hard drive semakin lambat dan anda juga harus menunggu lebih lama untuk memproses data. Berikutnya, anda juga perlu tahu bahwa saat menghapus sebuah file, bukan berarti data tersebut terhapus begitu saja, melainkan hanya alamatnya saja. File tersebut masih tertulis di dalam hard drive. File tersebut mungkin tidak bisa diakses lagi, namun ada beberapa aplikasi khusus yang bisa memanggil data tersebut kembali. Pertanyaan penting berikutnya adalah apakah anda perlu memformat hard drive atau hanya melakukan defrag saja? Berikut adalah definisi defragmentasi dan format hard drive. Sebaiknya hal tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan anda. Mari kita mulai dari defragmentasi.

Manfaat defrag hard disk komputer

Definisi dari Melakukan defrag hard disk komputer
Ada beberapa keuntungan yang ditawarkan oleh proses ini. Saat anda mendefrag hard drive, maka itu akan mengkombinasikan file terpisah agar lebih mudah untuk diakses. Ini akan sangat menghemat waktu saat ingin mencari file tertentu di dalam komputer. Ini bisa memperbaiki performa komputer anda terutama jika ada banyak sekali file di dalamnya. Kekurangan dari defragmentasi adalah proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Mendefrag hard drive bisa memakan waktu hingga berjam-jam. Ini sangat ditentukan oleh jenis hardware di dalam komputer anda. Anda tidak perlu khawatir terhadap program yang tersimpan karena proses ini tidak mempengaruhi file tersimpan. Perubahan yang paling terasa adalah dalam hal kecepatan.

Definisi Defragmentasi dan Format Hard Drive

Setelah proses defragmentasi selesai, anda akan mendapatkan peningkatan performa pada komputer anda. Alternatif berikutnya yang bisa dicoba adalah memformat hard drive. Proses ini bisa dibilang cepat dan mudah, hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja. Kekurangan utamanya adalah anda perlu menginstal semuanya dari awal. Mungkin anda pernah menemukan file membandel di dalam hard drive yang tidak bisa dihilangkan dengan berbagai macam cara. Untuk menghilangkan file tersebut, anda bisa memilih opsi ini. Memformat hard drive akan menghapus semua program yang tidak diinginkan. Sebelum melakukan format, pastikan anda telah terlebih dahulu membuat backup data karena tidak ada data yang selamat setelah proses ini selesai dilakukan. Itu tadi yang dapat tutorialsmu bahas mengenai penjelasan dan pengertian defrag dan format hard drive yang dapat dilakukan pada komputer, semoga bermanfaat.
Definisi Defragmentasi dan Format Hard Drive Pada Komputer | Tutorialsmu | 4.5