Cara Mengaktifkan Fitur Fingerprint di WhatsApp,Apa Bisa? Ini Trik nya

Posted on

Fitur Fingerprint di WhatsApp – WhatsApp meluncurkan fitur menarik berupa kunci sidik jari atau fingerprint di ponsel Android. Fitur baru tersebut memungkinkan pengguna untuk mengunci aplikasi dengan sidik jari penggunanya . Sebelumnya fitur tersebut tersedia untuk para pengguna iPhone. Fitur ini hanya akan membuka kunci WhatsApp dengan data sensor sidik jari pengguna yang dimasukkan sebelumnya. Cek Cara Mengaktifkan Fitur Fingerprint di WhatsApp dalam artikel berikut ini.

WhatsApp adalah aplikasi paling populer di Android dimana sebagian besar pengguna berkomunikasi baik berupa pesan teks, suara dan bahkan melakukan video call. Pengguna pun bisa saling bertukar foto, video, file, dokumen, mengobrol santai, saling melempar lelucon, membagi informasi, dan banyak hal penting lainnya. Karena begitu pentingnya WhatsApp maka mengamankan aplikasi ini dengan sistem verifikasi biometrik adalah hal yang wajib dilakukan. Semula fitur ini masih dalam status dengan penguian selama berbulan-bulan. Akhirnya fitur ini pun tersedia untuk ponsel Android.

Sebagian besar pengguna mungkin sudah melakukannya selama beberapa tahun terakhir dengan bantuan aplikasi pengunci pihak ketiga. WhatsApp kini menawarkan fitur tersebut terintegrasi dengan aplikasi sehingga lebih praktis dan aman. Pengguna bisa mengaktifkannya dan menggunakan sensor sidik jari untuk menjaga semua riwayat chat mereka aman dari intipan orang lain yang memiliki akses ke perangkat, Berikut ini adalah panduan cara aktifkan fitur finggerprint

 

langkah-langkah Cara Mengaktifkan Fitur Fingerprint di WhatsApp :

  • Sebelum memulai, Anda harus memastikan dua hal. Pertama, Anda harus memperbarui aplikasi WhatsApp di ponsel ke versi terbaru dari Google Play Store. Fitur keamanan Fingerprint Lock tersedia dalam versi 2.19.222 dari aplikasi WhatsApp Android.
  • Kedua, ponsel Anda harus memiliki fitur fingerprint dan sudah memasukkan data sidik jari ke dalamnya.
    • Setelah Anda memastikan langkah-langkah sebelumnya,
      buka aplikasi WhatsApp di ponsel dan ketuk ‘menu tiga titik‘ di sudut kanan atas.
    • Lalu buka Pengaturan/Setting.
    • Di bawah Pengaturan, navigasikan ke Akun dan kemudian di bawah bagian Privasi, Anda akan menemukan opsi Kunci Sidik Jari. Ketuk untuk membuka opsi tersebut.
    • Geser pada panel ‘Buka Kunci dengan Sidik Jari‘ dan telepon mungkin meminta Anda memasukkan sidik jari sekali saja. (jika di perangkat anda sudah menerapkan penguncian dengan sidik jari)
      *jika belum, silahkan lakukan setelah perangkat Anda mengunci dengan sidik jari terlebih dahulu

 

  • Setelah melakukan semua langkah di atas, aplikasi WhatsApp Anda sekarang sudah dilindungi dengan pengunci sidik jari.

Selain itu ada juga pengaturan tambahan fingerprint whatsapp berikut,

  • Jika Anda ingin mengubah batas waktu untuk WhatsApp untuk mengunci aplikasi setelah Anda log out, Anda dapat melakukannya dari opsi yang sama. Anda dapat memilih aplikasi untuk segera menguncinya secara default atau Anda dapat memilih batas waktu minimal 1 menit atau paling banyak 30 menit setelah Anda keluar dari aplikasi.
  • Anda bahkan dapat memilih apakah Anda ingin aplikasi menampilkan konten pesan dalam bentuk notifikasi.

 

Setelah langkah-langkah di atas maka setiap kali Anda membuka aplikasi WhatsApp, Anda harus menyentuh sensor sidik jari di ponsel Anda untuk mengotentikasi dan membukanya. Fitur ini akan bekerja pada sensor sidik jari kapasitif dan sensor sidik jari in display seperti pada Samsung Galaxy model terbaru.

Untuk saat ini, setidaknya, sidik jari adalah satu-satunya opsi keamanan yang tersedia. WhatsApp belum mengaktifkan penguncian wajah (face lock) untuk pengguna Android. Belum ada rumor tentang itu sampai hari ini. Setelah mempelajari Cara Mengaktifkan Fitur Fingerprint di WhatsApp, kini Anda lebih merasa nyaman meninggalkan ponsel di meja sebab data-data percakapan penting di WA sudah diamankan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *